Telp: +62 274 374 627
KONSER DI MONUMEN SERANGAN OEMOEM 1 MARET 1949 - SMKN 2 Kasihan - Sekolah Menengah Musik

Berita SMKN 2 Kasihan

Sekolah Menengah Musik

  • Home
  • Berita
  • KONSER DI MONUMEN SERANGAN OEMOEM 1 MARET 1949
KONSER  DI MONUMEN SERANGAN OEMOEM 1 MARET 1949

KONSER DI MONUMEN SERANGAN OEMOEM 1 MARET 1949

  • 02 Desember 2019
  • Oleh : Agus Suranto
  • Dibaca : 27 kali

Tanggal 30 November 2019 SMM Yogyakarta konser di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Yogyakarta.  Terinspirasi momentum  bulan November yang identik dengan spirit kepahlawanan, SMM Yogyakarta (SMKN 2 Kasihan)  mengambil kesempatan untuk berkontribusi melalui pertunjukan musik orchestra. Lokasi konser yang dipilih tidak tanggung-tanggung, yakni di area Monumen Serangan Oemoem (SO) 1 Maret 1949 Yogyakarta.

Konser  dikemas dengan  tema “Harmoni Musikku, Harmoni Negeriku, Bersatulah Indonesiaku”, dengan mengadopsi dari filosofi orkestra. Dalam permainan musik orkestra, perbedaan instrumen bukan menjadi ancaman, dan perbedaan tidak untuk dipertentangkan. Keanekaragaman instrumen yang ada dalam musik orkestra, justru akan saling melengkapi dan memperkuat. Hilang atau tiadanya 1 buah instrumen musik, maka komposisi orkestra menjadi tidak enak dan tidak nyaman di telinga, dengan bahasa lain tidak harmoni. Secara makro, persembahan yang berisi lagu-lagu nasional/perjuangan dan lagu-lagu daerah Indonesia ini dipersembahkan untuk negeri tercinta, Indonesia. Dengan keanekaragaman dalam berbagai segi, adalah sebuah kekayaan dan saling melengkapi, untuk mewujudkan harmonisasi yang indah sebagai sebuah kesatuan.

Konser diawali sajian ansambel gitar dengan membawakan 7 buah lagu, di bawah kondakter Andi Nusantara.  Kemudian dilanjutkan persembahan orkestra dengan kondakter Sapta Ksvara Kusbini. Beberapa lagu yang disajikan adalah Indonesia Raya (WR. Supratman), Jogja Istimewa (Djarot/Jogja Hip Hop Foundation), Gebyar-Gebyar (Gombloh), Symphoni Raya (Guruh Soekarno Putro), Untukmu Pahlawan Revolusi (Ismail Marzuki), Medley Lagu Pahlawan (Dwi Warna/H. Mutahar, Bangun Pemudi Pemuda/Alfred Simanjuntak, Bukit Kemenangan/Djuhari, Maju Tak Gentar/Cornel Simanjuntak, dan Indonesia Jaya/Cornel Simanjuntak), Varia Tembang Nusantara, dan ditutup dengan Bagimu Negri (Kusbini). Orkestra didukung oleh 104 pemain, 30 paduan suara, 8 penari (kolaborasi dengan SMKI) , dan 5 personel barisan bregodo dari kampung Jomegatan, Ngestiharjo, Kasihan.

Konser bernuansa nasionalisme (kebangsaan) ini merupakan kerjasama antara SMM Yogyakarta (SMKN 2 Kasihan) dengan pihak Museum Benteng VREDEBURG Yogyakarta. Sebuah kepercayaan yang tidak main-main, karena SMM Yogyakarta telah diberi ijin mengisi ruang publik di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Bahkan, konser didukung dan disupport oleh Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro. KPH Notonegoro mengetahui  bahwa lahirnya SMM berawal dari para pemain musik keraton Yogyakarta. Luar biasanya lagi, beliau berkontribusi dalam konser dengan menjadi kondakter lagu berjudul  Pada Pahlawan Ciptaan Cornel Simanjuntak.

Kontak Kami
  • Alamat: Jl. PG. Madukismo, Ngestiharjo, Kasihan Bantul, Yogyakarta
  • Telp: +6274 - 374627
  • Email: sekolahmusik@gmail.com
Link Penting
Artikel Update
Copyright © 2019 SMK N 2 Kasihan, Powered By Jogdas, Customized By Aba Al Ghozali