Telp: +62 274 374 627
PESANTREN KILAT 2019 - SMKN 2 Kasihan - Sekolah Menengah Musik

Berita SMKN 2 Kasihan

Sekolah Menengah Musik

PESANTREN KILAT 2019

PESANTREN KILAT 2019

  • 28 Mei 2019
  • Oleh : Ema Putri Yuwana
  • Dibaca : 257 kali

Dalam rangka menyemarakkan datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H, SMM Yogyakarta menggelar acara Pesantren Kilat 2019 bagi siswa siswi yang beragama Islam. Selain untuk menyemarakkan datangnya bulan suci Ramadhan, acara ini juga digelar untuk meningkatkan amal ibadah siswa siswi SMM Yogyakarta dalam bulan yang penuh rahmat. Acara ini digelar pada 24 Mei2019 mulai pukul 13.00 WIB hingga usainya sholat maghrib berjamaah dan buka puasa bersama.

Acara pesantren kilat dibuka oleh kepala SMM Yogyakarta, Bapak Agus Suranto, S.Pd., M.Sn., di auditorium besar SMM Yogyakarta dengan pidato singkat dan doa. Pesantren kilat ini diwarnai oleh beberapa kegiatan menarik diantaranya lomba antar kelas, kajian ramadhan, dan promosi organisasi keislaman. Lomba yang diadakan pada acara pesantren kilat tahun ini adalah lomba nasyid dan “cerdik” alias ceramah dikit. Lomba nasyid dan “cerdik” diikiuti oleh siswa siswi kelas X yang tiap kelasnya terdiri dari 5 kelompok. Dalam lomba nasyid ini, peserta terlebih dahulu menyajikan “cerdik” yang masih dalam satu tema dengan penampilan nasyid. Setiap penampilan berdurasi sekitar 5-10 menit. Juri dalam lomba ini adalah Bapak Harun Wibisono, S.Sn, Ibu Bidara Silsi Anjani, S.Pd, dan Bapak Dwi Priyana, S.Ag. Juri menilai penampilan nasyid dan “cerdik” dari segi materi, keharmonisan, dan kekompakan. Lomba ini berhasil dimenangkan oleh salah satu kelompok dari kelas X-C.

Kegiatan selanjutnya yakni menunaikan ibadah sholat ashar berjamaah di masjid Ngesti Widi yang kemudian dilanjutkan dengan promosi organisasi keislaman “Islamic Project” dibawah naungan OSIS SMM Yogyakarta oleh salah satu perwakilan dari siswa kelas XI. Sembari menunggu buka puasa, Ustadz Rachmat Saputra dari Kricak menyampaikan kajian ramadhan kepada peserta pesantren kilat 2019. Setelah adzan maghrib berkumandang, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama, sholat maghrib berjamaah dan pembagian hadiah lomba.

Dengan tetap menghormati umat beragama lain, SMM Yogyakarta juga menggelar beberapa kegiatan bagi siswa siswi yang beragama Kristen dan Katolik, antara lain lomba CCA (Cerdas Cermat Alkitab), renungan rohani yang dipimpin oleh Bapak Antonius Jumadi dan Bapak Hapsak Lewi, games, serta makan bersama. Renungan rohani diawali dengan pembukaan lalu masing-masing pemimpin renungan rohani menceritakan pengalaman pribadinya yakni hal baik yang pernah dilakukan dan dapat dicontoh generasi milenial dalam memberikan pelayanan sebagai bahan renungan.

Kontak Kami
  • Alamat: Jl. PG. Madukismo, Ngestiharjo, Kasihan Bantul, Yogyakarta
  • Telp: +6274 - 374627
  • Email: sekolahmusik@gmail.com
Link Penting
Artikel Update
Copyright © 2019 SMK N 2 Kasihan, Powered By Jogdas, Customized By Aba Al Ghozali