Telp: +62 274 374 627
The Beautiful Journey of Classical Music - SMKN 2 Kasihan - Sekolah Menengah Musik

Berita SMKN 2 Kasihan

Sekolah Menengah Musik

  • Home
  • Berita
  • The Beautiful Journey of Classical Music

The Beautiful Journey of Classical Music

  • 17 Januari 2019
  • Oleh : Agus Suranto
  • Dibaca : 315 kali

The Beautiful Journey of Classical Music, bukanlah perjalanan untuk bersenang-senang, ataupun pengisi kekosongan waktu. The Beautiful Journey of Classical Music   jauh melebihi daripada” keindahan  menjelajah”. Turut merasakan kegigihan para komponis dalam mengejar ide-idenya yang datang secara terus menerus, adalah menjadi spirit dan suplemen para penikmat karya-karyanya. Kadang membuat mata terpejam, terbuai, mencari hingga menemukan, dan seolah mengawang di langit. Sebuah keindahan yang berusaha ditawarkan oleh musik klasik dengan kekhasan tersendiri sesuai jamannya. 

Sebuah konser dalam rangka memperingati ulang tahun  SMK Negeri 2 Kasihan atau Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta telah berlangsung Sabtu, 12 Januari 2019 lalu. Konser yang berlangsung pada malam Minggu tersebut menyajikan karya dari para komponis besar yaitu Antonio Vivaldi, George Frideric Handel, Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwig Van Beethoven, Johann Strauss, Jean Sibelius, dan Modest Mussorgsy.

Sebagai musik abadi, musik klasik telah mengubah  ruang dan waktu menjadi tiada arti. Ia mampu menerobos batas-batas peradaban, geografis, etnis, bahasa dan budaya. The Beautiful Journey of Classical Music merupakan sebuah kendaraan yang akan membawa para penikmat ke sebuah zona penuh sensasi pada masing-masing gaya. Materi yang tersaji pada malam itu adalah  Trio in A Minor (ansambel gitar) karya Antonio Vivaldi, Overture “Messiah”(orchestra)  karya George Frideric Handel, Alleluya (paduan suara) karya Wolfgang Amadeus Mozart, Symphonie No. 5 (orchestra)  karya Ludwig Van Beethoven, Der Zigeunerbaron (orchestra) karya Johann Strauss, Finlandia (orchestra dan paduan suara) karya Jean Sibelius, dan Picture at an Exhibition (orchestra) karya Modest Mussorgsy.

Musik seperti sebuah lapisan atmosfir yang satu sama lain membentuk jalinan sinergis, mengandung maksud dan tidak terpisah. Manusia bisa memainkannya dari suara yang begitu lembut, hingga menggelegar membuat kaca jendela bergetar. Diakui tidak mudah membuat karya musik “tetap hidup” selama ratusan tahun, dinikmati oleh milyaran orang di seluruh dunia, dan dijadikan metoda untuk beragam pendidikan lintas budaya, bahkan untuk menyembuhkan sakit jiwa. Fenomena yang terjadi pada musik klasik telah membuktikan hal itu, keabadian musik klasik menjadi keistimewaan yang tak terbantahkan oleh siapapun. Beethoven   pernah mengatakan: “Apabila aku mati, karyaku akan tetap hidup selama-lamanya”.

Kontak Kami
  • Alamat: Jl. PG. Madukismo, Ngestiharjo, Kasihan Bantul, Yogyakarta
  • Telp: +6274 - 374627
  • Email: sekolahmusik@gmail.com
Link Penting
Artikel Update
Copyright © 2019 SMK N 2 Kasihan, Powered By Jogdas, Customized By Aba Al Ghozali