Telp: +62 274 374 627
KITA INDONESIA, KITA PANCASILA - SMKN 2 Kasihan - Sekolah Menengah Musik

KITA INDONESIA, KITA PANCASILA

Sekolah Menengah Musik

KITA INDONESIA, KITA PANCASILA

KITA INDONESIA, KITA PANCASILA

  • 01 Juni 2019
  • Oleh : Ema Putri Yuwana
  • Dibaca : 336 kali

Sesuai Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, bahwa setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Pancasila merupakan ideologi nasional, sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Sesuai dengan namanya, Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, “Panca” berarti lima dan “sila” berarti prinsip atau asas. Jadi dalam satu kesatuan Pancasila berarti lima asas dasar negara. Kelima asas tersebut termuat dalam Pembukaan UUD 1945, yakni (1) Ketuhanan Yang Maha Esa; (2) Kemanusiaan yang Adil dan Beradab; (3) Persatuan Indonesia; (4) Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan; (5) Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Keberagaman budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan anugerah   Tuhan Yang Maha Esa yang sangat berharga.Berbagai agama dan kepercayaan, etnis, adat istiadat, dan bahasa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, melahirkan kekayaan budaya yang bersatu padu dalam ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Indonesia. Namun, setelah Indonesia merdeka, berbagai cara dilakukan pihak tertentu untuk menggulingkan ideologi Pancasila, dan mengganti dengan ideologi lain seperti komunis atau melalui gerakan-gerakan yang bersifat radikal. Ancaman terhadap ideologi Pancasila dapat datang dari luar maupun dalam negeri, melalui berbagai pandangan atau tindakan yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Keharmonisan hidup bangsa Indonesia akan selalu  terpelihara selama nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dipegang teguh dan diamalkan oleh setiap warganegara. Pengalaman buruk dari negara lain akan ancaman radikalisme, konflik sosial, terorisme, dan perang saudara hendaklah menjadi pelajaran bagi bangsa Indonesia, untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Berbagai peranan Warga Negara Indonesia, baik sebagai pendidik, pelajar/mahasiswa, birokrasi, TNI dan POLRI, pemuka agama, pelaku media, pelaku seni dan budaya, pengusaha dan pedagang, serta seluruh elemen masyarakat lainnya, tentunya dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ciri khas bangsa Indonesia yang santun, berjiwa gotong royong, dan toleran hendaklah selalu diterapkan dalam pribadi masing-masing Warga Negara Indonesia. Hal ini dapat dimulai dari hal kecil yang dilakukan sehari-hari demi tercapainya tujuan luhur bangsa Indonesia. Mari kita jaga persatuan, perdamaian, dan persaudaraan di bumi pertiwi ini.

SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA.

KITA INDONESIA.

KITA PANCASILA.

Kontak Kami
  • Alamat: Jl. PG. Madukismo, Ngestiharjo, Kasihan Bantul, Yogyakarta
  • Telp: +6274 - 374627
  • Email: sekolahmusik@gmail.com
Link Penting
Artikel Update
Copyright © 2019 SMK N 2 Kasihan, Powered By Jogdas, Customized By Aba Al Ghozali