Telp: +62 274 374 627
Follow Us :
EKSPOSE PENGEMBANGAN SMK BERBASIS KEUNGGULAN WILAYAH - SMKN 2 Kasihan - Sekolah Menengah Musik

Berita SMKN 2 Kasihan

Sekolah Menengah Musik

  • Home
  • Berita
  • EKSPOSE PENGEMBANGAN SMK BERBASIS KEUNGGULAN WILAYAH
EKSPOSE PENGEMBANGAN SMK BERBASIS KEUNGGULAN WILAYAH

EKSPOSE PENGEMBANGAN SMK BERBASIS KEUNGGULAN WILAYAH

  • 08 Oktober 2018
  • Oleh : Agus Suranto
  • Dibaca : 174 kali

Jumlah  SMK di Indonesia hingga saat ini mencapai 14.148 sekolah. SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta) merupakan satu dari 219 SMK  yang dipercaya oleh pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk melaksanakan revitalisasi. Hal ini dilandasi oleh Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK. Selain kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Instruksi tentang Revitalisasi SMK juga ditujukan kepada Menristek dan Pendidikan Tinggi, Menteri Perindustrian, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perhubungan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri BUMN, Menteri ESDM, Menteri Kesehatan, Menteri Keuangan, Kepala BNSP, dan para gubernur. Salah satu program revitalisasi adalah Pengembangan SMK Berbasis Keunggulan Wilayah.

Program Pengembangan SMK Berbasis Keunggulan Wilayah di SMKN 2 Kasihan Tahun 2018  bertujuan menyiapkan sekolah dan lulusan agar mampu bersaing dalam menghadapi tuntutan industri abad XXI, sebuah era milenial yang sarat dengan kompetisi. Dalam hal ini kreasi dan inovasi produk menjadi tuntutan penting.

Sebuah konser  bertajuk  “The Harmony of Local Wisdom #2”  telah digelar Jum’at, 5 Oktober 2018 kemarin di Auditorium SMK Negeri 2 Kasihan. Dalam event tersebut melibatkan seluruh siswa kelas X, XI, dan XII yang berjumlah tak kurang dari 400 siswa. Sementara pihak eksternal yang turut berperan dalam proses kreatif adalah I Gusti Ngurah Wiryawan Budhiana, M.Sn dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. I Gusti Ngurah Wiryawan Budhiana, M.Sn  atau lebih akrab dipanggil Budi Ngurah adalah seorang yang ahli dalam proses eksplorasi dan komposisi. Proses eksplorasi dan komposisi juga melibatkan Pardiman Joyonegoro, S.Sn (Padepokan Omah Cangkem Yogyakarta),  yang secara khusus fokus pada garapan vokal. Adapun para komposer  kreatif yang juga guru produktif SMK Negeri 2 Kasihan di bawah pendampingan kedua sosok di atas yaitu Suprijadi, M.Sn, (Tiga Nuansa), Andi Nusantara, S.Sn (Pojok Beteng), Anggun Febria Daruwati, S.Sn (Padang Mbulan, Ilir-Ilir), Sugiarto, S.Pd (Tafa Arabela), Langgeng Sumujut (Keberagaman Nusantara), dan Brigida Berta Widyati Epipeni, M.Sn (Jelajah Nada).

Maksud dari penyelenggaraan konser “The Harmony of Local Wisdom #2” adalah sebagai realisasi (ekspose) dari program Pengembangan SMK Berbasis Keunggulan Wilayah yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 2 Kasihan. Potensi ke-Yogyakarta-an yang diangkat meliputi aspek material (gamelan), wilayah, semangat nasionalisme, dan karakter. Dalam acara tersebut tampak hadir Kepala Balai Dikmen Kabupaten Bantul (Drs. Suhirman, M.Pd), Subdit GTK Kemdikbud RI (Shanti Ambarukmi), Pengawas SMK (Drs. Haris Wahyudi, M.Pd), P4TK Seni Budaya Yogyakarta (Dr. Dyah Uswatun, M.Sn), Kemenag, Komite Sekolah (Haris Natanael, M.Sn), SMKN 1 Kasihan (Drs. Ardani, M.Pd), orangtua siswa, mitra, serta   mahasiswa musik Yogyakarta.

Kontak Kami
  • Alamat: Jl. PG. Madukismo, Ngestiharjo, Kasihan Bantul, Yogyakarta
  • Telp: +6274 - 374627
  • Email: sekolahmusik@gmail.com
Link Penting
Artikel Update
Copyright © 2018 SMK N 2 Kasihan, Powered By Jogdas, Customized By Aba Al Ghozali