Telp: +62 274 374 627
Teaching Factory SMKN 2 Kasihan - SMKN 2 Kasihan - Sekolah Menengah Musik

Teaching Factory SMKN 2 Kasihan

Sekolah Menengah Musik

Teaching Factory SMKN 2 Kasihan

Pembelajaran teaching factory adalah model pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. Teaching Factory (Tefa) menjadi konsep pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya untuk menjembatani kesenjangan kompetensi antara pengetahuan yang diberikan sekolah dan kebutuhan industri. Tefa merupakan pengembangan dari unit produksi yakni penerapan sistem industri mitra pada unit produksi yang telah ada di SMK. Unit produksi adalah pengembangan bidang usaha sekolah selain untuk menambah penghasilan sekolah yang dapat digunakan dalam upaya pemeliharaan peralatan, peningkatan SDM, dan kegiatan sekolah lainnya, juga untuk memberikan pengalaman kerja yang benar-benar nyata pada siswanya. Penerapan unit produksi sendiri memiliki landasan hukum yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 pasal 29 ayat 2 yaitu "Untuk mempersiapkan siswa sekolah menengah kejuruan menjadi tenaga kerja, pada sekolah menengah kejuruan dapat didirikan unit produksi yang beroperasi secara profesional."

I. PROFIL
Nama Unit Kerja : Unit Produksi SMK Negeri 2 Kasihan
Jenis Kerja : Teaching Factory
Produk : Jasa Pertunjukan Musik
Alamat Unit Kerja  : Jl. PG. Madukismo Ngestiharjo Kasihan Bantul
Web  : www.smmyk.sch.id 
Email   : sekolahmusik@gmail.com
                                                
A. Latar Belakang

Teaching Factory pada Unit Produksi SMK Negeri 2 Kasihan merupakan perpaduan dari konsep pembelajaran berbasis kompetensi dan berbasis produksi jasa pertunjukan musik. Program ini merupakan langkah positif yang ditawarkan SMKN 2 Kasihan kepada siswa dan orang tua murid guna mengembangkan jiwa enterpreneur, dengan harapan tamatan SMK Negeri 2 Kasihan mampu menjadi aset dan bukan menjadi beban.  

Hubungan kerjasama antara SMK Negeri 2 Kasihan dengan industri (dalam hal ini industri jasa pertunjukan musik) dalam pola pembelajaran teaching factory akan berdampak positif untuk membangun mekanisme kerjasama (partnership) secara sistematis dan terencana didasarkan pada posisi tawar yang saling menguntungkan (win-win solution). Penerapan pola pembelajaran teaching factory merupakan interface dunia pendidikan kejuruan dengan dunia industri, sehingga terjadi check and balance terhadap proses pendidikan SMK untuk menjaga dan memelihara keselarasan (link and match) dengan kebutuhan pasar kerja pertunjukan musik.  

Pembelajaran melalui teaching factory bertujuan untuk menumbuhkembangkan karakter dan etos kerja (disiplin, tanggung jawab, jujur, kerjasama, kepemimpinan, dan lain-lain) yang dibutuhkan DU/DI serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dari sekedar membekali kompetensi (competency based training) menuju ke pembelajaran yang membekali kemampuan memproduksi jasa pertunjukan musik (production based training).
 
B. Visi dan Misi Unit Kerja

1.   Visi
Menghasilkan lulusan musik tingkat menengah yang memiliki kompetensi standar nasional berkarakter kuat dan terpuji.

2.   Misi
a.    Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan prinsip profesionalisme
b.    Optimalisasi kerja sama dengan DU/DI
c.    Mendukung kegiatan operasional sekolah. 

C. Jenis Usaha yang Dikelola

Unit Produksi SMK Negeri 2 Kasihan bergerak di bidang jasa pertunjukan musik klasik atau pop, baik pertunjukan dalam format besar, format sedang, maupun format kecil. Kami memilih usaha di bidang jasa pertunjukan musik karena disesuaikan dengan kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 2 Kasihan.

 

II.   KEGIATAN dan PEMASARAN 

A. Lingkungan Usaha

Sesuai dengan kompetensi keahlian di SMK Negeri 2 Kasihan, jenis usaha di bidang jasa pertunjukan musik memiliki peluang yang menjanjikan, karena jasa pertunjukan musik menjadi komoditi yang banyak diperlukan untuk berbagai acara baik formal maupun non formal. Oleh karena itu SMK Negeri 2 Kasihan bertekad mengembangkan teaching factory ini sebagai upaya meningkatkan kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan ditunjang dengan peluang dalam mengembangkan jenis usaha ini. 

B. Kondisi Pasar

Melihat kondisi pasar dengan kompetitor yang bergerak di bidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk yang sudah ada, yaitu dengan inovasi pola penyajian yang sangat bervariasi, elegan, megah dan harga yang kompetitif. Dengan begitu, kami yakin jasa pertunjukan musik yang kami miliki mampu bersaing dan laku di pasaran. 

C. Rencana Pemasaran

Dengan nama (brand) yang sudah dikenal  bahwa SMM Yogyakarta (SMKN 2 Kasihan) sebagai Sekolah Musiknya Indonesia kami optimis untuk melangkah lebih jauh. Kami juga menambah opsi pemasaran melalui link di www.smmyk.sch.id/tefa ini, sosial media, link personal, dan media masa. Melalui web ini pengunjung akan dapat melihat berbagai bentuk pertunjukan musik yang dapat dipilih yang disesuaikan dengan kebutuhan acara. Web ini juga dapat diakses melalui smartphone, sehingga dengan mudah dibagikan (share) kepada yang membutuhkan.

 

III.  ASPEK PRODUKSI 

A.  Proses Waktu Kegiatan Unit Produksi

Teaching factory pada unit produksi SMKN 2 Kasihan merupakan suatu konsep pembelajaran pada tingkat yang sesungguhnya, untuk itu beberapa elemen penting Tefa dalam unit produksi yang harus selalu ditingkatkan yaitu:

1. Standar Kompetensi
2. Peserta didik
3. Media belajar
4. Perlengkapan dan Peralatan (Toolkit)
5. Instruktur/Pengajar
6. Penilaian Prestasi Belajar
7. Pengakuan Kompetensi 

Teaching Factory SMKN 2 Kasihan bersedia bekerjasama dengan seluruh elemen yang berkeinginan mengembangkan teaching factory unit produksi dalam proses pembelajaran di SMK. Kami meyakini melalui teaching factory ini dapat memberikan bekal siswa SMKN 2 Kasihan untuk dapat menjadi sumber daya yang berkompeten dalam seni pertunjukan musik, dan pada akhirnya alumni dapat terserap oleh dunia usaha dan industry sesuai tujuan SMK.

SMK Bisa!

Kontak Kami
  • Alamat: Jl. PG. Madukismo, Ngestiharjo, Kasihan Bantul, Yogyakarta
  • Telp: +6274 - 374627
  • Email: sekolahmusik@gmail.com
Link Penting
Artikel Update
Copyright © 2019 SMK N 2 Kasihan, Powered By Jogdas, Customized By Aba Al Ghozali